Jumat, 14 Agustus 2015

Mengenal JavaScript

Pengertian JavaScript

Menurut wikipedia, JavaScript adalah bahasa skrip yang populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.
Javascript adalah sebuah bahasa komputer atau kode pemrograman yang digunakan pada website agar website tersebut menjadi lebih interaktif dan dinamis.

Fungsi JavaScript

Untuk menjaga browser dari mengeksekusi sebuah script ketika beban halaman, Anda dapat menempatkan script Anda ke fungsi.
Sebuah fungsi berisi kode yang akan dieksekusi oleh peristiwa atau dengan panggilan ke fungsi.Anda dapat memanggil fungsi dari manapun di halaman (atau bahkan dari halaman lain jika fungsi tertanam dalam file js eksternal.).Fungsi dapat didefinisikan baik dalam <head> dan di bagian <body> dokumen. Namun, untuk memastikan bahwa fungsi dibaca / dimuat oleh browser sebelum dipanggil, itu bisa bijaksana untuk menempatkan fungsi dalam bagian <head>.

Syntax :
function functionname(var1,var2,…,varX)
{
some code
}
Parameter var1, var2, dll variabel atau nilai-nilai dilewatkan ke fungsi. Para {dan} mendefinisikan awal dan akhir fungsi.
Catatan: Sebuah fungsi tanpa parameter harus menyertakan tanda kurung () setelah nama fungsi.
Catatan: Jangan lupa tentang pentingnya modal dalam JavaScript! Fungsi kata harus ditulis dalam huruf kecil, jika tidak terjadi kesalahan JavaScript! Juga perhatikan bahwa Anda harus memanggil fungsi dengan ibukota yang sama persis seperti dalam nama fungsi.

Contoh Fungsi JavaScript

<html>
<head>
<script type=”text/javascript”>
function displaymessage()
{
alert(“Hello World!”);
}
</script>
</head>
<body>
<form>
<input type=”button” value=”Click me!” onclick=”displaymessage()” />
</form>
</body>
</html>
Jika garis: alert (“!! Halo dunia”) pada contoh di atas tidak dimasukkan dalam fungsi, itu akan dieksekusi segera setelah halaman itu dimuat. Sekarang, script tidak dijalankan sebelum pengguna menekan tombol input. Para displaymessage function () akan dieksekusi jika tombol input diklik.
Anda akan belajar lebih banyak tentang peristiwa JavaScript di JS Peristiwa bab.

The return Statement ( Pernyataan kembali )

Pernyataan return digunakan untuk menentukan nilai yang dikembalikan dari fungsi.Jadi, fungsi yang akan mengembalikan nilai harus menggunakan pernyataan kembali.Contoh di bawah ini mengembalikan produk dari dua bilangan (a dan b):
Contoh :
<html>
<head>
<script type=”text/javascript”>
function product(a,b)
{
return a*b;
}
</script>
</head>
<body>
<script type=”text/javascript”>
document.write(product(4,3));
</script>
</body>
</html>

Lifetime dari Variabel JavaScript

Jika Anda mendeklarasikan variabel, menggunakan “var”, dalam fungsi, variabel hanya dapat diakses dalam fungsi itu. Ketika Anda keluar dari fungsi, variabel ini hancur. Variabel ini disebut variabel lokal. Anda dapat memiliki variabel lokal dengan nama yang sama dalam fungsi yang berbeda, karena masing-masing diakui hanya oleh fungsi yang dinyatakan.
Jika Anda mendeklarasikan variabel di luar fungsi, semua fungsi pada halaman Anda dapat mengaksesnya. Masa ini variabel dimulai ketika mereka dinyatakan, dan berakhir ketika halaman tersebut ditutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar